Powered By Blogger

Home

Tuesday 27 November 2012

KULINER : Steak Murah Rasa Hotel Bintang Lima

Akhir bulan biasanya kondisi keuangan sudah mulai menipis bagi seorang karyawan swasta maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru. Namun, ketika dalam kondisi "kangker" alias kantong kering makan di restoran mewah benar-benar menjadi hal yang mahal.

Lantas bagaimana Anda bisa tetap menikmati menu steak yang biasanya hanya ada di hotel-hotel mewah dan restoran mahal? Tak perlu khawatir, Anda masih bisa mentraktir teman, pacar bahkan mengajak keluarga Anda untuk menikmati menu istimewa hanya merogoh kocek tak sampai Rp200.000.

Joni Steak nama restorannya. Berada di Jalan KH Samanhudi Nomor 65 kawasan Pasar Baru Jakarta Pusat, restoran ini berdiri sejak 8 Mei 2005. Bermula dari tenda pinggir jalan yang sekarang telah memiliki tiga gerai di Jakarta.

Restoran yang berpusat di Pasar Baru ini mempunyai cabang di Jalan Gajah Mada Nomor 91 dan Jalan Kalimalang Raya Nomor 28 Pondok Kelapa Jakarta Timur. Restoran yang mulai buka pukul 16.30 hingga 01.00 dini hari itu selalu ramai pengunjung. Bahkan di akhir pekan restoran ini buka sejak pukul 11.00 siang hingga dini hari.

Tidak sulit mencari lokasi Joni Steak. Sebab, di depan restoran itu ramai mobil dan motor yang terparkir. Jangan heran bila tidak kebagian kursi akibat ramainya pengunjung dan harus mengantre.

Joni Steak di Pasar Baru mempunyai sekitar 50 kursi yang terbagi dalam dua lantai. Ruangan tidak berpendingin ruangan itu didominasi oleh cat warna kuning dan hijau muda dengan gambar-gambar menu makanan yang disediakan maupun menu-menu promo di hari itu.

Jumlah pelayan dan koki yang cukup banyak membuat pelayanan hanya menunggu kurang dari 5 menit sudah tersaji. Mereka menyebut restorannya "Joni Steak G'Day Mate : The Real Taste of Australia and New Zeland".

Di Joni Steak Anda bisa memilih berbagai menu steak, mulai dari sirloin steak, tenderloin steak, rib eye steak, grilled salmon steak, chicken steak, prawn cutlet, sampai spaghetti bolognaise. Menu favoritnya adalah tenderloin Steak, sirloin steak, grilled salmon steak dan secondary cut wagyu.

Rasa grilled salmon steak yang impor sangat mengejutkan. Terdiri dari 200 gram ikan salmon yang diiris dengan ketebalan yang cukup, membuat daging salmon terasa lembut tetapi rasa segarnya tetap ada.

Salmon steak ini dilengkapi dengan potongan potato wedges atau mashed potato dan sayur pelengkap menjadikannya pas untuk porsi makan malam. Sayur yang terdiri dari kubis, jagung manis dan wortel serut ini disiram dengan saus mayonise segar.

Untuk mengurangi bau amis ikan, disediakan jeruk nipis yang bisa ditambahkan sesuai selera. Bahkan jeruk nipis ini bisa membuat rasa salmon steak lebih segar.

Satu lagi yang bisa membuat salmon steak ini lebih enak. Sambal yang disiramkan itu semacam sambal bangkok sehingga terasa pedas namun tetap terasa segar di mulut. Jika Anda suka pedas, bisa ditambahkan saus sambal.

Bagi penikmat steak pasti tidak asing dengan daging wagyu. Daging termahal di dunia yang berasal dari Jepang ini termasuk istimewa. Cita rasa dan kelembutan dagingnya sungguh tidak ada duanya.

Konon bahkan sesudah selesai makan pun, kelezatan daging Wagyu masih tertinggal di lidah. Hal itu didapatkan karena sapi-sapi Wagyu mendapatkan perlakuan yang sangat istimewa untuk ukuran sapi.

Begitu pula dengan secondary cut wagyu yang disajikan Joni Steak. Daging yang dimasak setengah matang membuat tekstur daging tetap terasa. Namun, kontur daging ketika digigit tetap lembut.

Rasa daging dari secondary cut wagyu masih tetap khas dan kuat karena siraman saus jamur tidak lebih mendominasi. Saus jamur terasa lembut di mulut ditambah irisan-irisan jamur menjadi lebih segar. Pilihan saus ada lada hitam, mushroom dan bawang putih.

Ukuran daging yang cukup besar ini membuat Anda puas memakannya. Namun, rasa yang enak dan lembut menjadikan secondary cut wagyu tidak enek di perut. Menu ini juga dilengkapi dengan potongan potato wedges atau mashed potato dan sayur yang terdiri dari buncis, jagung manis dan wortel.

Sementara untuk sirloin steak impor juga tak kalah lezat. Dengan daging yang cukup tebal dan dimasak setengah matang membuat daging terasa lembut. Namun, tekstur daging masih terasa ketika sudah dikunyah.

Daging sirloin steak terasa lebih gurih dari steak lainnya, mungkin karean ada sedikit lemak di dalamnya. Pilihan saus untuk sirloin steak adalah saus jamur dan saus lada hitam. Saus lada hitamnya mantap dan membuat rasa daging steaknya lebih enak, lembut dan tidak alot ketika di santap.

Untuk harganya, tenang saja. Joni Steak bisa dikatakan sangat bersahabat bagi kantong. Tenderloin steak impor dibanderol Rp48.000 dan lokal Rp38.000 setiap porsinya. Sirloin steak impor dibanderol Rp44.000 dan lokal Rp35.000.

Rib eye dipatok Rp38.000 dan secondary cut wagyu Rp58.000 setiap porsinya. Grilled salmon steak impor dipatok Rp55.000 dan prawn cutlet dipatok Rp25.000 setiap porsinya.

Bagi Anda yang diet, Joni Steak juga menyediakan menu khusus. Diantaranya mashed potato khusus diet, mashed ubi khusus diet dan bubur kacang hijau dicampur kacang tanah khusus diet. Minum yang disediakan juga bermacam-macam dari yang maupun dingin.

Anda tertarik di akhir pekan ini untuk menikmati steak murah rasa hotel bintang lima?






No comments:

Post a Comment