Powered By Blogger

Home

Sunday 23 June 2013

Wisata Negeri Suah Bersama Komunitas Medan Petualang

Air Terjun Sampuren Putih Deliserdang Sumut
Libur peringatan Isra' Mi'raj dimanfaatkan sebagian besar masyarakat Kota Medan untuk berlibur baik bersama teman-teman ataupun bersama keluarga.

Salah satu tempat wisata yang ramai diserbu masyarakat Medan adalah wisata Air Terjun Sempuren Putih. Wisata alam yang ada di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, ditempuh 2-3 jam dari Medan.

Masyarakat menikmati keindahan alam air terjun setinggi 5 meter dengan air yang sejuk dan jernih. Mereka bisa mandi dan terjun dari ketinggian tebing sekitar 5 meter ke dalam air.



Komunitas Medan Petualang di Bumi Perkemahan Sibolangit Deliserdang

Risma, mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Medan, mengaku berwisata bersama teman-teman dalam komunitas "Medan Petualang". Tujuannya untuk menyegarkan pikiran dari aktifitas kuliah yang sedang dijalaninya sehari-hari.


Dia bersama 30 orang dari komunitas tersebut mengisi hari libur dengan mengunjungi air terjun Sempuren Putih dan wisata air panas Dua Rasa.

Menurutnya, air terjun Sempuren Putih tergolong indah, sejuk dan alami. Namun, dia menyayangkan kurangnya perhatian pemerintah terhadap pariwisata menjadikan lokasi wisata ini tidak terkelola dengan baik.

"Sebenarnya bagus, hanya kurang dikelola oleh pemerintah. Belum ada jalan dan fasilitas, kalau memang pemerintah peduli pasti bagus," ujarnya.

Baginya, wisata ke air terjun ini terbilang murah dan dekat dari Medan. Perempuan yang suka jalan-jalan ini biasanya memamerkan aktifitas wisata ke teman-temannya melalui media sosial.


Air Dua Rasa di Negeri Suah Deliserdang Sumut
Dia berharap, dengan aktifitas di media sosial tersebut bisa ikut mempopulerkan lokasi-lokasi wisata yang indah di Sumatra Utara. Tempat-tempat yang pernah dikunjunginya antara lain Pulau Berhala, Danau Toba, Berastagi, Kebun Teh Sidamanik Siantar dan tempat-tempat lainnya.

Sementara itu, DJ Manik, seorang Purnawirawan Polri, mengaku baru pertama kali mengunjungi tempat wisata air terjun Sempuren Putih. Dia bersama dengan  40 orang rekannya dari Gereja Mamre Runggun, Tanah Karo.

Dia menilai, air terjun yang indah itu kurang layak untuk wisata keluarga. Pasalnya, akses jalan melalui hitan dan jurang akan membahayakan anak-anak.

"Harusnya jalan diperbaiki, ditarif juga tidak apa-apa yang penting ada fasilitas seperti toilet, kamar ganti atau persewaan pakaian," paparnya.

Sekitar satu kilometer dari air terjun Sempuren Putih, ada sebuah sungai yang dikenal dengan sebutan Air Dua Rasa. Di sungai tersebut ada sumber air panas yang keluar dari sisi samping sungai dan bercampur dengan air dingin.

Sungai berbatu tersebut terlihat unik karena disaat yang bersamaan wisatawan bisa berendam di air dingin dan air panas alami. Bebatuan di sungai tersebut juga ada dua warna yakni hitam dan putih.

Air yang mengalir selain suhunya berbeda, juga memiliki warna yang berbeda. Hal itu akibat pengaruh dari kandungan belerang pada air panas yang berakibat air terlihat berwarna putih kehijauan.

Lagi-lagi sayang, akses menuju Air Dua Rasa tersebut sangat memprihatinkan. Wisatawan harus memarkir kendaraan di perkampungan terakhir di desa Cinta Rakyat, Kecamatan Sibolangit. Wisatawan hanya ditarif parkir untuk sepeda motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000.

Kemudian harus berjalan kaki menuruni perbukitan selama 30 menit melalui jalan setapak. Namun, sulitnya akses terbayar dengan keunikan dan keindahan Air Dua Rasa tersebut.

9 comments:

  1. Bang cemana caranya supaya bisa gabung di medan petualang?
    Please, email kesini ya bang: tezha_tahir@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. Kalau mau gabung dengan Komunitas Medan Petualang bisa datang ke Basecamp nya di jalan Pattimura Medan, depan SPBU Pertamina yg sudah tutup. gabung di grup FB : Medan Petualang

    atau hub ketua Medan Petualang : Aulia 085261421110

    ReplyDelete
  3. kak inno,
    kakak udda pernah jelajahin air terjun lau lutih kak ??

    ReplyDelete
  4. beluumm.. dmn ituu?? coba infokan di FB masuk aja ke grup Medan Petualang
    :)

    ReplyDelete
  5. persyaratan masuk medan petualang ap aj bro??

    ReplyDelete
  6. @sewamobiljogja : tksh yaa
    @tito : ga ada, masuk aja grupnya di FB.. ada kok Grup Medan Petualang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah Anda senang dengan jalan-jalan (traveling)..?? Dan yg pasti Anda kalau pergi berwisata ke suatu daerah tertentu Anda pasti membutuhkan tempat untuk menginap bukan..?? Untuk kami merekomendasikan hotel-hotel yang tentunya dengan harga yang sangat terjangkau di sertai dengan pelayanan yang terbaik yang akan memuaskan Anda tentunya ketika sedang bertraveling.. Untuk infotmasi dan pemesanan Anda dapat berkunjung ke situs link kami di bawah ini..


      http://www.booking.com/country/id.html?aid=396941

      Atau anda dapat menghubungi kami di nomor 081213753151

      Delete
  7. Apakah Anda senang dengan jalan-jalan (traveling)..?? Dan yg pasti Anda kalau pergi berwisata ke suatu daerah tertentu Anda pasti membutuhkan tempat untuk menginap bukan..?? Untuk kami merekomendasikan hotel-hotel yang tentunya dengan harga yang sangat terjangkau di sertai dengan pelayanan yang terbaik yang akan memuaskan Anda tentunya ketika sedang bertraveling.. Untuk infotmasi dan pemesanan Anda dapat berkunjung ke situs link kami di bawah ini http://www.booking.com/country/id.html?aid=396941..

    Atau anda dapat menghubungi kami di nomor 081213753151

    ReplyDelete