Powered By Blogger

Home

Sunday 10 November 2013

Berlibur di Sabang, Inilah 10 Lokasi Wajib Dikunjungi Part 6

6. Menyelami Gunung Api Bawah Laut Sirui

Tidak jauh dari pantai Gapang, tepatnya di wilayah Pria Laot, terdapat salah satu keajaiban laut yang mempesona. Gunung api bawah laut Sirui.

Di sini, wisatawan dapat menikmati gelembung-gelembung udara yang muncul dari dasar laut. Untuk melihatnya, wisatawan harus menyelam di kedalaman air.

Diantara gelembung-gelembung udara itu, terdapat ikan-ikan yang berenang di dalam air laut yang cukup hangat. Gunung berapi di bawah laut Sabang menjadi salah satu andalan wisata bahari Pemerintah Kota Sabang dan sangat diminati wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain gunung api bawah laut, Sabang sebagai salah satu peta cincin api di Indonesia juga memiliki gunung berapi yang masih aktif. Gunung tersebut adalah Gunung berapi Jaboi yang berada di Kecamatan Sukajaya Kota Sabang.

Untuk menuju ke Jaboi, bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat melalui jalur Pelabuhan Balohan. Dari pelabuhan, menyusuri jalan aspal ke arah selatan melalui jalur lingkar Pulau Weh.

Jaboi terletak sekitar 6 Km dari Balohan. Pertama kali ditemui di Jaboi adalah padang belerang yang tidak terlalu luas. Bau menyengat sudah sangat terasa sejak di 'gerbang' dengan kepulan asap tampak keluar dari kawah.

Di kawah terdapat air yang cukup panas dan bisa untuk memasak sebutir telur. Tak jauh dari air panas itu, terdapat padang belerang yang kedua. Bongkahan bebatuan berwarna putih tampak sejauh mata memandang.

Wisata Gunung Berapi Jaboi, demikian nama yang tertera pada pintu gerbang, terletak di ketinggian antara 100 mdpl hingga mendekati 200 mdpl.

No comments:

Post a Comment