Powered By Blogger

Home

Thursday 12 May 2011

Bappenas: Pembelian Pesawat Diteken Menkeu

"Pada waktu itu Bu Ani menjawab di periode kedua."
Kamis, 12 Mei 2011, 05:45 WIB
Nur Farida Ahniar, Sukirno, Ajeng Mustika Triyanti


VIVAnews - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas menyatakan pembelian pesawat Merpati ditandatangani oleh Menteri Keuangan yang saat itu menjabat, yaitu Sri Mulyani Indrawati.

Menteri PPN/Bappenas Armida S Alisjahbana mengatakan pembelian pesawat ini dibeli pada periode lalu sebelum dirinya menjabat. Penandatanganan subsidiary loan agreement (SLA)-nya juga diteken Menkeu.

"Pada waktu itu, Bu Ani (Sri Mulyani Indrawati) menjawab di periode kedua," ujar dia di Jakarta.

Menurut dia, saat ini Bappenas sedang membuka file-file yang dulu mengenai pembelian pesawat tersebut. Armida menegaskan bahwa file tersebut masih tersimpan rapi.

"Kontrak dari pinjaman itu yang skemanya government to government pasti Menteri Keuangan yang tanda tangan," kata Armida.

Sementara itu, terkait kecelakaan pesawat, Menko Perekonomian Hatta Rajasa meminta semua pihak untuk bersabar hingga pihak KNKT selesai melakukan penyelidikan. Ia juga meminta agar tidak ada spekulasi yang macam-macam mengenai proses pembelian pesawat MA-60 itu. Ia akan menjelaskan secara detail kronologi proyek ini.

"Di negeri ini tidak ada yang ditutupi, semuanya terbuka kok, tunggu saja," kata Hatta.

Namun, ketika disinggung pembelian itu pada saat Hatta menjabat Menteri Perhubungan, ia menjawab Menhub tidak mengurusi pembelian. Kementerian Perhubungan sendiri memiliki andil dengan mengeluarkan Aircraft Type Certificate (ATC) untuk MA-60 pada 10 Mei 2006.

"Menhub tidak mengurusi pembelian," tegas Hatta.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan saat ini masih dalam suasana duka, sehingga lebih baik menunggu hasil investigasi. "Tidak usah terlalu banyak polemik, mari kita tunggu hingga hasil investigasi selesai," ujarnya. (art)
• VIVAnews

No comments:

Post a Comment