Powered By Blogger

Home

Friday 17 June 2011

Fauzi Bowo Resmi Buka Jakarta Great Sale

Melalui Jakarta Great Sale diharapkan orang Indonesia akan berbelanja di Jakarta.
Jum'at, 17 Juni 2011, 22:19 WIB
Arry Anggadha, Sukirno

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo atau akrab disapa Bang Foke, malam ini, Jumat 17 Juni 2011 membuka perhelatan akbar tahunan, Festival Jakarta Great Sale 2011 (FJGS 2011) di Pusat Perbelanjaan Gandaria City.

Pesta diskon belanja di 68 mal ini digelar bersamaan dengan perayaan ulang tahun kota Jakarta ke-484 dan libur sekolah anak, yang dimulai pada 17 Juni hingga 17 Juli 2011.

"Dalam Jakarta Great Sale ini, hampir semua pusat perbelanjaan ikut," kata Fauzi Bowo saat memberikan sambutan, Jumat 17 Juni 2011.

Pemerintah DKI Jakarta mendorong dan memberikan stimulus agar Jakarta sebagai kota pusat perbelanjaan menjadi tumbuh dan berkembang. Bang Foke mengatakan, agenda tetap yang dijadwalkan setiap tahun ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah pada pengusaha ritel di Ibukota Jakarta.

Ia menargetkan untuk tahun ini omzet Jakarta Great Sale meningkat sekitar 15-20 persen dari tahun lalu sebesar Rp7,2 triliun.

"Tahun lalu saja omzetnya sudah mencapai Rp7,2 triliun, jadi cukup besar. Mudah-mudahan tahun ini target peningkatan sekitar 15-20 persen bisa dicapai," ujarnya.

Pemda DKI optimistis, suatu saat Jakarta dapat bersaing dengan Great Sale di negara lain, misalnya saja dengan yang ada di Kuala Lumpur atau Singapura. Bahkan, Fauzi Bowo menyatakan, yang berbelanja di Singapura itu adalah orang Indonesia, jadi melalui acara ini diharapkan orang Indonesia akan berbelanja di Jakarta.

"Yang berbelanja di Singapura tuh orang Jakarta juga. Jadi, kalau dia bisa mendapatkan apa yang dia inginkan di Jakarta, saya kira orang Jakarta akan cenderung berbelanja di Jakarta," ujarnya.

Great Sale ini adalah sebagai upaya pemerintah DKI Jakarta dalam memberikan iklim usaha yang kondusif kepada pihak swasta dengan memberikan dukungan dari berbagai sektor. Selebihnya diberikan keleluasaan kepada para pengusaha ritel untuk pelaksanaannya.

"Karena yang dagang kan bukan birokrat, yang dagang adalah para pedagang dan pengusaha ritel. Mereka lebih tahu bagaimana memeratakannya," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Jakarta Great Sale 2011 (FJGS 2011) sekaligus Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD Jakarta, Handaka Santosa menjelaskan, ini adalah salah satu upaya APPBI untuk turut memeriahkan HUT DKI Jakarta sekaligus meningkatkan pergerakan perekonomian.

"Sebagai asosiasi yang mewadahi pusat-pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta, kami merasa wajib untuk turut serta menggerakan perekonomian di kota Jakarta. Bertepatan dengan HUT DKI Jakarta, kami kemudian merancang FJGS 2011," ujar Handaka.

Lebih lanjut Handaka menjelaskan, selama festival berlangsung, 68 mal peserta APPBI akan menggelar persta diskon belanja. Potongan besar-besaran akan diberikan untuk berbagai produk dan merek ternama. Tidak hanya diskon, tersedia pula program belanja spesial seperti Buy 1 get 1 free, extra diskon, hingga Midnight Sale.

Tak ketinggalan, berbagai program hiburan digelar di seluruh pusat belanja untuk turut memeriahkan libur sekolah anak sekaligus menemani pengunjung saat berbelanja. Agar lebih meriah, APPBI menggandeng berbagai asosiasi untuk turut memeriahkan festival ini.

"Untuk mendorong kunjungan ke Jakarta, tahun ini kami menggandeng banyak mitra, di antaranya Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia), Garuda Indonesia, ASISTA (Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies), BCA, dan lainnya," ujarnya. "Ini untuk menjadikan Jakarta sebagai surga belanja sekaligus sebagai tujuan wisata belanja bertaraf internasional."

Pembukaan Jakarta Great Sale ini dipusatkan di Gandaria City, dan di empat pusat perbelanjaan lainnya yang mewakili masing-masing wilayah Jakarta. (art)
• VIVAnews

No comments:

Post a Comment