Powered By Blogger

Home

Monday 18 July 2011

Distribusi Terganggu, Harga Ayam Bisa Naik

Menjelang Puasa dan Lebaran tersedia 190 juta ekor ayam dan 200 ribu ton ayam potong.
Senin, 18 Juli 2011, 11:25 WIB
Antique, Sukirno

VIVAnews - Pusat Informasi Pasar Unggas Nasional mengungkapkan, pasokan daging dan telur ayam menjelang Puasa dan Lebaran tahun ini cukup. Namun, proses distribusi disinyalir akan memicu harga bergejolak.

"Stok ayam dan telur cukup, tapi distribusi terutama transportasi yang bermasalah membuat harga jadi nggak stabil," kata Ketua Umum Pusat Informasi Pasar Unggas Nasional, Hartono di Parung Bogor, Senin 18 Juli 2011.

Sementara itu, persiapan menjelang Puasa dan Lebaran, pihaknya sudah menyiapkan 190 juta ekor ayam dan sekitar 200 ribu ton ayam potong dengan penyediaan stok terbanyak untuk pulau Jawa yakni 60-70 persen dari total stok nasional. Sementara itu, untuk telur ayam, disiapkan 120 ribu ton.

Koordinator Forum Masyarakat Perunggasan Indonesia, Don P Utoyo, mengatakan bahwa Indonesia sudah mencapai swasembada ayam. "Ayam ini sudah swasembada daging dan telur bisa didapatkan di mana saja di seluruh Indonesia," ujarnya.

Bahkan, menurut dia, produksi ayam di Indonesia minimal mencapai 1,6 miliar per tahun. "Jika dikonversikan menjadi 2,4 juta ton ayam potong atau setara dengan 1,7 juta ton daging serta tulang atau setara dengan 853 ribu daging murni," tutur Utoyo. (art)
• VIVAnews

No comments:

Post a Comment