Powered By Blogger

Home

Wednesday 20 July 2011

Jelang Puasa BUMN Gelar Pasar Murah

Selain membantu masyarakat miskin, pasar ini juga membantu membendung kenaikan harga.
Rabu, 20 Juli 2011, 06:47 WIB
Denny Armandhanu, Sukirno

VIVAnews - Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara (Kemeneg BUMN) akan kembali menggelar pasar murah di bulan puasa untuk membantu masyarakat menengah ke bawah dan menahan gejolak kenaikan harga.

"Kita akan lakukan gerakan atau gelar pasar murah, seperti yang sudah pernah kita lakukan tahun lalu dan ternyata cukup efektif," kata Menteri Negara BUMN, Mustafa Abubakar, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 19 Juli 2011.

Sebagai persiapan, lanjut Mustafa, saat ini pihaknya sedang melakukan konsolidasi internal untuk mematangkan gelaran pasar murah yang direncanakan akan diadakan di sejumlah daerah di Indonesia. Lebih lanjut, meskipun dikatakan sederhana tujuan diadakannya gelar pasar murah ini adalah untuk membantu masyarakat miskin sekaligus menahan gejolak harga yang terus meroket.

"Baru mulai kita bahas, saya kira minggu-minggu ini sudah ada keputusan go or not go, tapi saya berharap bisa go, karena gelar pasar sangat penting," ungkap Mustafa.

Kemudian, gelaran pasar murah ini setidaknya akan menyediakan beras, gula dan minyak goreng sebagai kebutuhan paling mendasar bagi masyarakat menengah kebawah di bulan puasa karena biasanya harga-harga terus merangkak naik.

"Kita agak merata melakukan pasar murah, selain membantu masyarakat miskin juga ada efek kepada stok dasar harga," imbuhnya.

Gelaran pasar murah ini, kata Mustafa, tidak akan dilakukan di pasar-pasar sehingga tidak mengganggu para pedagang tapi digelar di pusat-pusat permukiman padat penduduk kalangan menengah ke bawah. Sementara itu, Mustafa juga menegaskan penyokong utama gelaran pasar murah ini adalah BUMN yang ada di setiap provinsi memiliki forum komunikasi BUMN agar dapat memantau juga perkembangan harganya.

"Banyak, seperti yang lalu kita ada Bulog, PTPN, Pelindo, macam-macam, misalnya di provinsi A kelihatannya harga cukup lumayan maka perlu dilakukan gelar pasar murah," pungkasnya.
• VIVAnews

No comments:

Post a Comment